Cara Buat Bootanimation Android Tanpa Pc | Lengkap Dengan Gambar

Baik sahabat setia Republik Android jumpa kembali bersama admin di web ini, pada kesempatan kali ini admin mau berbagi Cara Buat Bootanimation Tanpa Pc

Sebenarnya sudah banyak yang membahas tentang ini tapi tidak ada salahnya admin tuliskan kembali disini.

Biar yang belum tahu jadi tahu tentang Cara Buat Bootanimation Tanpa Pc, oke sebelum kita membuat alangkah baiknya kita kenalan dahulu apa itu Bootanimation.

Bootanimation adalah animasi yang ada saat ponsel Android dihidupkan atau dimatikan, 

Kalau tidak percaya silahkan di praktekkan dengan cara matikan ponsel Android anda dan hidupkan kembali, 

Setelah Menampilkan Logo pasti ada animasi yang berjalan atau loading disitu lalu kemudian barulah masuk ke menu Android bukan begitu teman-teman.


Nah seperti itulah yang namanya Bootanimation, dan untuk cara membuatnya cukup mudah teman-teman tinggal sediakan aplikasi Photo Editor dan Zarchiver, walaupun mudah tapi kenyataannya ini juga sulit bagi yang baru terjun ke dunia android.

Sulitnya dimana?  Sulitnya ketika ponsel android anda tidak dapat atau susah di Root, apalagi kalau belum melakukan ritual Disable Signature itu akan terasa sulitnya seperti apa.

Dan untuk ponsel android yang sudah memenuhi syarat mari kita lanjutkan untuk belajar membuatnya, langkah pertama harus terpasang aplikasi Photo Editor (bebas mau pakai yang mana yang penting bisa ngedit foto).

Kalau admin sendiri disini memakai Photo Editor dari dev.mac**ver (maaf namanya di sensor ini demi hak cipta) cek di link ini. Unduh dan pasang lalu kemudian buka aplikasinya dan pilih buat baru, untuk resolusi bebas mau penuh satu layar atau pun tidak itu terserah anda.

Disini admin contohkan untuk membuat yang sederhana saja, hanya text biasa yang memakai effect blur. Pertama buat object bebas (text atau gambar) pada Photo Editor.

Kemudian simpan dengan nama anim_0 (untuk nama sebenarnya juga bebas tapi saya rekomendasikan yang pendek dan sederhana saja) tujuannya agar nanti mudah diingat dan gampang memberi nomor urutannya.

Nah setelah selesai menyimpan dengan nama anim_0 kita lanjut lagi untuk photo yang kedua dan seterusnya dengan cara memberi effect pada photo tersebut agar hasil animasi-nya halus.

Jika pada effect blur memiliki angka penuh 100 maka buat effect blur seterusnya dikurangi satu misal 100-1=99 nah angka 99 ini yang nanti di pakai pada effect blur yang kedua, 98 ke 3 dan seterusnya.

Sampai gambar jernih kembali tanpa effect blur, setelah itu barulah kita buat folder untuk menyimpan gambar-gambar tersebut. Buat saja folder baru dengan nama part0 dan part1 di penyimpanan internal.

Masukan semua gambar-gambar yang sudah di edit tadi ke dalam folder tersebut setelah itu buat file baru dengan nama desc.txt dan isikan perintah berikut kedalam file itu menggunakan TextEditor.

540 960 30
540 960 ini adalah resolusi layar dan 30 ini adalah durasi-nya
p 1 30 part0
Ini animasi yang akan di mainkan pertama kali yaitu pada folder part0
p 0 0 part1
Dan yang ini untuk memainkan animasi pada folder part1

Jadi sesuaikan saja dengan resolusi layar android masing-masing, 

Untuk mengetahui Resolusi layar cukup mudah kalian bisa melakukan Screenshoot Dengan cara menekan tombol power dan volume (-) secara bersamaan atau bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga dari Play Store.

Kemudian lihat di gallery kalian dengan cara klik rincian atau detailnya, nah sekarang anda sudah tahu resolusi layar android kalian jadi untuk seterusnya bisa digunakan lagi untuk membuat animasi yang lebih bagus lagi.

Setelah semua gambar dimasukkan dan file desc.txt sudah diisi perintah diatas mari kita kompres dengan ZArchiver. 

Pilih banyak pada menu ZArchiver lalu pilih folder part0, part1 dan desc.txt kemudian pilih zip, pilih tanpa kompresi klik ok dan tunggu sampai selesai.





Setelah selesai ubah nama-nya menjadi bootanimation.zip copy ke /system/media/disini lalu klik yes jika menampilkan dialog replace dan atur hak ijinnya ke r-w-r-r atau octal nya 0644 lalu reboot dan enjoy.




Selesai tugas saya untuk berbagi Cara Buat Bootanimation Tanpa Pc semoga bermanfaat buat anda semua, untuk bahan contoh silahkan unduh disini dan silahkan kembangkan lagi.

Shutdown_see_you.qmg (Samsung Only).
Ubah namanya jadi shutdown dan timpa di 
/system/media/disini

Jangan lupa set permissionnya jadi r-w-r-r atau 0644.

Terimakasih sudah berkunjung sampai jumpa dan sampai bertemu lagi di postingan selanjutnya.

No comments for "Cara Buat Bootanimation Android Tanpa Pc | Lengkap Dengan Gambar"