Tips Mengatasi Macet Saat Startup Pada Windows | Republik Android

Selamat malam teman-teman Republik Android apa kabar ? semoga sehat dan dalam lindungan Tuhan-nya masing-masing. 

Baiklah pada postingan malam hari ini saya mau berbagi tips "Cara Mengatasi Windows Macet Atau Tidak Bisa Masuk Ke Menu". 

Karena pada malam ini adalah solusi terakhir yang saya tuliskan sejak terjadinya Laptop saya bermasalah.


Tidak ada salahnya saya berbagi pengalaman lewat tulisan ini, yang semoga saja membantu anda yang sedang mengalami masalah yang sama.



Baiklah kita langsung saja eksekusi ke permasalahan yang anda alami yaitu dengan cara Mundurkan OS ke versi sebelumnya jika anda sedang berada di Windows 10. 

Jika masa sudah berakhir untuk Downgrade maka anda bisa mengunduhnya langsung dari link ini. saya rekomendasikan anda sudah paham untuk membuat Bootable dengan Rufus. Jika belum bisa menggunakan Rufus silahkan ikuti petunjuk dari halaman ini

Sebelum anda memundurkan versi Windows ada baiknya anda coba cara ini dahulu agar nanti tahu letak masalahnya dimana. 

Cara yang kedua adalah Uninstall Program yang berada di disk C:/.

Saya sarankan anda agar mencadangkan data dahulu sebelum di unsinstall, tujuannya supaya nanti tidak bingung lagi saat mau pasang ulang aplikasi yang sudah berada di komputer anda.

Jika sudah di cadangkan sebelumnya silahkan anda uninstall aplikasi atau program satu per satu, setelah selesai saya rekomendasikan anda untuk membersihkan sisa-sisa dari aplikasi yang telah anda uninstall menggunakan CCleaner Free atau Pro tidak masalah. 

Habis itu mulai ulang atau restart komputer anda. kalau masih macet saat loading itu berarti anda harus mencopot slot memori RAM dan membersihkannya dengan penghapus.

Untuk penghapus bebas mau merek apa saja, tapi kalau ada joyko ya pakai joyko yang lebih kenyal dan sedikit menimbulkan sampah.

Jika komputer anda masih macet saat dihidupkan, itu tandanya anda harus menuju ke mode BIOS atau UEFI, dimana ini adalah System pemulihan yang ada pada Windows OS

Untuk cara masuk ke mode itu anda hanya cukup tekan tombol power setelah itu iringi dengan f2, f4, f6, f8 atau f12. 

Kalau tidak berfungsi silahkan iringi dengan tombol lain. misalnya tombol "fn" atau gear di arrow up. atau bisa mengunjungi laman ini.

Karena setiap komputer berbeda-beda cara masuknya, tampilan BIOS & UEFI pun berbeda-beda jadi silahkan di sesuaikan saja dengan komputer masing-masing.

Setelah anda berada di mode BIOS atau UEFI silahkan atur bagian "start up" anda tinggal pilih 1 saja, ceklis bagian "Boot Memory Harddisk" yang lainnya silahkan anda uncheck. 

Matikan juga wifi, bluetooth, dan lainnya di menu ini. tujuannya agar ringan saat start up, jika banyak program yang berjalan saat booting itu akan membebani memori yang ada. 

Jika sudah klik apply dan exit otomatis komputer restart kembali. dan komputer pun sudah bisa di hidupkan kembali normal. Kalau komputer anda sudah bisa masuk menu dan macet di tengah-tengah aktivitas.

Anda harus mengulangi langkah diatas secara berulang-ulang. sampai komputer bisa berjalan dengan normal kembali, dan yang paling saya rekomendasikan adalah menghapus data di direktori 
C:/User/Dell/Appdata/Local/disini.

Sesuaikan saja dengan komputer masing-masing, misalkan anda sudah pernah memasang Android Studio, Aplikasi-nya sudah anda copot namun data-nya masih tersimpan pada direktori tersebut. 

Jadi saya asumsikan untuk menghapus data di bagian itu. lalu matikan program saat boot ulang dengan cara pergi ke pengaturan (Windows + I) untuk Windows 10, lalu cari dan ketikkan "start up" tanpa tanda petik. 

Non-aktifkan aplikasi yang menurut anda tidak terlalu penting saat komputer di jalankan atau boot ulang. Hapus atau uninstall aplikasi bawaan Windows 10 yang tidak di gunakan oleh anda.


Biasanya banyak aplikasi yang tidak terlalu penting saat anda melakukan "Upgrade OS".  Dengan cara ini komputer atau laptop jadi gak terlalu lama/macet saat komputer di hidupkan. 

Kalau semua sudah anda lakukan Namun belum juga membuahkan hasil yang maksimal itu berarti Harddisk anda mengalami "Bad Sector" alias rusak, dan anda harus menggantinya dengan yang baru. 

Selesai dan terimakasih sudah mau berkunjung di artikel ini. semoga membantu dan bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah pada komputernya. jangan lupa bagikan ulang ya teman-teman. 

Sampai jumpa dan sampai bertemu lagi di lain postingan, tentu saja masih membahas Teknologi dan Gadget. 








No comments for "Tips Mengatasi Macet Saat Startup Pada Windows | Republik Android"