Cara Menghapus Bloatware Dengan Aman Lengkap Dengan Gambar | Republik Android

Baik selamat malam sahabat setia Republik Android jumpa lagi dengan admin disini di situs yang membahas seputar Android, ada beberapa hal yang harus saya tuliskan disini. 

Karena banyak hal yang sudah diketahui banyak orang, namun banyak juga yang belum di ketahui oleh sebagian orang seperti gambar di bawah ini.



Nah gambar di atas adalah salah satu nya. karena pada kesempatan ini saya akan membahas tentang bagaimana "Cara Menghapus Bloatware Dengan Aman". disini saya praktekkan dengan ponsel Samsung Galaxy J2 Prime.

Jika anda bukan pengguna Samsung Galaxy J2 Prime juga tidak ada salahnya untuk di coba, sebenarnya cara ini sudah lama ingin tuliskan disini.

Namun karena keadaan waktu yang belum tepat jadi tidak ada salahnya kalau saya tuliskan sedikit terlambat daripada tidak saya bagikan sama sekali.

Oke mengenai judul diatas kita akan bahas bersama-sama, Apa itu Bloatware dan apa fungsi dari Bloatware tersebut? Bloatware adalah aplikasi pelengkap yang memang sudah di sediakan oleh vendor dan beberapa pengembang.

Tujuannya apa dengan Bloatware itu? tujuannya adalah supaya para pengembang bisa mempromosikan hasil karya-karya mereka dengan menyisipkan aplikasi-aplikasi tersebut ke dalam ponsel baru.

Nah jika ada pengguna yang suka sama salah satu dari aplikasi Bloatware tersebut maka jangan di hapus, dan juga sebaliknya jika aplikasi tersebut tidak terlalu berarti bagi anda maka silahkan di hapus.

Tentunya tidak mudah juga untuk menghapus Bloatware itu karena berada di partisi System. itu artinya ponsel anda harus dalam kondisi Root atau telah terinstall TWRP.

Pilih saja salah satu untuk melakukan Rooting atau memasang TWRP, karena ponsel jaman sekarang sebagian susah di Root dengan aplikasi saja, tentunya harus menggunakan PC.

Dan untuk memasang TWRP pun sama harus melalui PC, jadi jangan heran kalau menghapus Bloatware itu susah apalagi kalau ponsel masih perawan atau belum di oprek.

Karena kedua langkah tersebut masing-masing mempunyai efek yang berakibat fatal jika belum terbiasa melakukannya. salah satunya adalah Bootloop dan bahkan bisa mengalami kerusakan perangkat keras (Hardbrick).

Jadi sengaja saya tuliskan disini agar anda melakukannya dengan hati-hati dan aman. baik mengenai topik kita akan mulai dengan langkah-langkah seperti dibawah ini.

Syarat yang pertama adalah niat. kalau anda gak ada niat lalu buat apa baca-baca sampai sini hehe, sedikit bercanda biar anda tidak terlalu tegang saat eksekusi.

Jika ponsel anda sudah dalam kondisi Root maka langkahnya adalah sebagai berikut.

Install Root Explorer atau file manager Root lainnya yang bisa menembus direktori akar, karena Bloatware tersebut berada di partisi system jadi saya rekomendasikan pakai Root Explorer.

Sekarang kita buka aplikasi-nya dan menuju ke partisi /system lihat gambar dibawah.



Ubah disk tulis menjadi Read Write (R/W), perhatikan nomor 1 pada gambar, dan sekarang anda tinggal masuk ke folder app atau priv-app.

Di kedua folder tersebutlah yang biasanya di tanam Aplikasi Bloatware, sekarang anda tinggal pilih beberapa aplikasi bawaan ponsel yang menurut anda tidak berguna.

Saya contohkan disini adalah aplikasi yang menurut saya tidak terlalu penting atau tidak berguna bagi saya, lihat gambar di bawah.



Nah gambar di atas adalah salah satu Bloatware, sebenarnya ponsel saya sudah bersih dari Bloatware, hanya saja itu adalah Aplikasi System dan gunanya itu adalah Lamunan Dasar.

Kalau bahasa familiar nya itu ScreenSaver, misalkan anda ingin menampilkan SlideShow gambar saat mengisi daya dan tidak mau layar mati atau padam maka anda bisa mengaktifkan fitur itu di setelan tampilan.

Baik kita kembali ke masalah Bloatware tadi, saya punya beberapa daftar Aplikasi Bloatware seperti yang saya tuliskan di bawah ini.

AllShareFile_Share
AllShareFile_Share_Client
AllShareFile_Share_Server
Assistant_Menu_M
BasicDreams
BBCAgent
BCService
FacebookStub
FactoryCamera_Fb
FbAppManager_Ns
GoogleTTS
Hangout
Kies
KnoxAppUpdateAgent
KnoxAttentionAgent
KnoxFolderContainer
KnoxSetupWizardClient
KnoxSwitcher
Maps
Skype_stub
Notes
Photos

Beberapa aplikasi diatas adalah bawaan Google dan Samsung, Daftar aplikasi di atas pun berbeda-beda karena tiap vendor menyediakan fitur yang berbeda juga.

Karena saya tidak membutuhkannya jadi saya hapus aplikasi tersebut, sekalipun itu aplikasi yang terkait dalam fitur aplikasi lain.

Kemudian setelah anda menghapus aplikasi Bloatware itu biasakan mulai ulang perangkat Android anda, tujuannya agar tidak menampilkan kotak dialog yang berisi pesan seperti "Sayangnya Aplikasi Terhenti".

Namun jika setelah di mulai ulang perangkat Android nya dan Aplikasi Bloatware pun masih tetap ada, Cara yang keduanya adalah pergi ke TWRP. itulah kenapa sebabnya saya rekomendasikan untuk Menginstall TWRP.

Karena ada beberapa perangkat yang sedikit ribet untuk menghapus Bloatware atau Aplikasi System lainnya yang tidak anda inginkan.

Setelah berada di TWRP, anda pilih Mount dan ceklis bagian system, lihat gambar di bawah.




Kemudian balik lagi ke Menu TWRP dan pilih Advanced dan klik file manager lihat gambar.




Setelah berada di file manager TWRP baru menuju ke direktori atau folder system, lihat gambar.



Dan masuk ke folder app (ini hanya contoh) saja, untuk app basicdreams tadi.



Setelah Aplikasi yang mau di hapus sudah terpilih maka lanjutkan seperti gambar di bawah ini.



Kemudian pilih atau klik tombol yang di dalam kotak, yang saya kasih tanda.




Terakhir gesek ke kanan dengan ibu jari anda untuk menyelesaikan tugas untuk mencopot Aplikasi.



Jika anda sudah melakukannya dengan benar maka Aplikasi Bloatware yang tidak anda inginkan akan terhapus. Cara ini saya tes dari beberapa ponsel Android, di antaranya yakni

Samsung Galaxy J2 Prime, Samsung Galaxy Ace, Samsung Galaxy Note 5, Samsung Galaxy Note 3, Meizu M2 Mini, Advan S4T, Andromax E, Andromax C, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi semua teman-teman yang suka dalam dunia Modifikasi Android, sekian tutorial ini saya tutup dan terimakasih sudah berkunjung di halaman ini.

No comments for "Cara Menghapus Bloatware Dengan Aman Lengkap Dengan Gambar | Republik Android"